Apple Day di HUT ke-58 Konperensi Asia Afrika

Selamat ulang tahun ke-58 Konperensi Asia Afrika.

58 tahun yang lalu, tanggal 18 April 1955, Konperensi Asia Afrika diselenggarakan di kota Bandung. Momentum inilah yang menjadikan Bandung dikenal sebagai ibu kota Asia Afrika.  Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan peringatan KAA tahun 2013 berlangsung sangat meriah. Salah satu bagian dari KAA yang turut meramaikan peringatan ke-58 KAA adalah Asia Afrika Youth Forum.

Asia Afrika Youth Forum-Indonesia merupakan organisasi pemuda yang berada di bawah naungan Museum Konperensi Asia Afrika yang dibentuk berdasarkan deklarasi Asia Afrika Youth Forum 2010 di Bandung. Program yang dijalankan oleh AAYF tiap tahun diantaranya adalah Apple Day. Sesuai namanya, Apple Day ialah kegiatan kampanye yang membagi-bagikan buah apel kepada target sasaran yaitu para pengunjung Car Free Day Dago Bandung yang membawa sampah anorganik (plastik, botol, tetrapack, dll) dengan sistem barter. Buah apel yang diberikan adalah produk lokal yang terkenal dengan nama apel malang. Kegiatan ini mendorong masyarakat untuk memperbanyak mengonsumsi buah lokal agar menghargai produk negeri sendiri dan mampu bersaing dengan buah impor yang berdampak pada peningkatan pendapatan penduduk. Selain itu, kegiatan Apple Day mengangkat isu lingkungan dengan mengumpulkan sampah anorganik agar tidak dibuang di sembarang tempat oleh pengunjung yang sering abai pada masalah ini. Sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan pada akhir acara diberikan kepada pengepul untuk dijual atau dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Apple Day yang kedua kembali digelar setelah tahun 2012 sukses terselenggara hasil kerja sama Museum Konperensi Asia Afrika, Asia Afrika Youth Forum, IAAS, dan Rotarack Bandung. Antusiasme pengunjung cukup besar. Hal ini tampak dengan banyaknya sampah anorganik yang dikumpulkan dan tidak bersisanya buah apel malang yang disediakan panitia karena habis dibagikan kepada pengunjung baik dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Mereka yang menjadi relawan Apple Day adalah hasil rekruitmen melalui registrasi online. Setelah terpilih, relawan diberikan pembekalan mengenai manajemen acara dari Museum Konperensi Asia Afrika dan pelatihan zero waste dari YPBB.

Apple Day tahun ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2013. Acara ini tidak hanya jadi bagian dari perayaan ulang tahun Konperensi Asia Afrika tetapi juga dalam rangka memeringati hari bumi yang jatuh keesokan harinya, Senin, 22 April 2013. Jumlah apel yang disediakan panitia kurang lebih 1000 buah yang harus habis dalam waktu 2 jam dari pukul 07.30 hingga 09.30. Panitia membagi relawan dalam 5 tim dengan anggota pada masing-masing tim berjumlah 7-8 orang. Anggota-anggota tersebut memiliki tanggung jawab sebagai public educator, pembawa keranjang buah apel, menyiapkan kertas petisi yang harus ditanda tangani pengunjung, serta yang memberikan gelang Apple Day sebagai tanda sudah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Tiap-tiap tim memiliki kawasan persuasif yang berbeda. Diantaranya ialah kawasan tulisan Dago, jembatan Cikapayang, RS Boromeus, Jalan Ganesa, dan Jalan Teuku Umar. Saya mendapatkan tugas untuk berada pada tim 5 di kawasan Jalan Teuku Umar bersama dengan kawan-kawan relawan dan dari IAAS.

 

Berikut di bawah ini adalah hasil dokumentasi yang dapat diabadikan pada saat acara terselenggara.

Tim 5 : Kawasan Jalan Teuku Umar

ImageImageImageImageImageImageImage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s