DONASI UNTUK RAHMA #3

April 15 2012, 5:37 AM  by Adisa Soedarso

 

Donasi Untuk Rahma

 

            Namanya Rahma Nur Aisah. Ia adalah putri bungsu pasangan Bapak Yayan Taryana (50) dan Ibu Tati Sumiati (45). Rahma terlahir tanpa memiliki anus yang menyebabkan harus membuang fesesnya melalui saluran urine. Hal ini terjadi semenjak ia lahir, 1,4 tahun yang lalu dan berlangsung hingga saat ini. Rahma tinggal di Desa Cipacing Komplek Abdi Negara Blok N RW. 17 RT. 09 Kecamatan Jatinangor Sumedang. Rumahnya jauh dari kesan layak karena berada di tengah-tengah sawah dengan berlantaikan tanah dan berukuran hanya sekitar 5×7 meter.

            Pak Yayan bekerja serabutan dengan penghasilan yang sangat minim. Ia menjual gelang, kalung, dan kerajinan lainnya khas daerah Cipacing yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Kadang apabila musim hujan, Pak Yayan tidak bisa bekerja menjual kerajinan tersebut karena cuaca yang tidak mendukung. Pada akhirnya, Pak Yayan tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

            Keluarga Rahma tergolong ke dalam keluarga miskin. Pak Yayan tak mampu untuk membeli susu guna memenuhi gizi yang baik untuk Rahma. Menurut Anggi Resmana (22) kakak tertua Rahma, saat ini berat Rahma jauh dari standar normal. Beratnya hanya sekitar 5 kg. Rahma seringkali menangis kesakitan saat hendak buang air besar karena mengeluarkan feses melalui saluran urine.

            Sebelumnya, pihak keluarga tidak memiliki dana untuk membiayai Rahma berobat. Banyak pihak tetangga yang merasa prihatin atas apa yang dialami Rahma. Keluarga tidak berani membawa Rahma ke rumah sakit karena sudah memperkirakan dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Ke Puskesmas pun hanya mengandalkan Jamkesmas. Namun, beruntung Rahma bertemu dengan seorang pengusaha asal Bandung dan pejabat pemerintah setempat yang terketuk hatinya untuk membiayai seluruh dana operasi Rahma.

            Tanggal 31 Januari 2012, saya bersama dengan dua teman saya Reta dan Yogi mendapatkan kabar bahwa Rahma tengah dirawat di RS Boromeus. Pada hari yang sama saya bersama kawan saya menjenguk Rahma di RS Boromeus. Saat itu Rahma telah menjalani operasi tahap pertama dan harus menjalani operasi tahap kedua untuk pembuatan saluran anus. Biaya yang telah dikeluarkan pada operasi tahap pertama sekitar 20 juta dan untuk operasi tahap kedua dibutuhkan dana kurang lebih 30 juta. Seluruh dana pada operasi tahap pertama ditanggung oleh pengusaha dan pejabat tersebut, akan tetapi untuk operasi tahap kedua, keluarga Rahma belum mengetahui siapa yang hendak menanggung biaya operasi tersebut. Oleh karena itu, saya mengajak teman-teman semua untuk mau membantu meringankan biaya operasi dan pengobatan Rahma pada operasi tahap kedua nanti.

            Untuk operasi tahap kedua ini, berat Rahma harus mencapai 10-11 kg. Pada operasi sebelumnya berat Rahma hanya sekitar 5 kg dan saat ini tertanggal 15 April 2012 berat Rahma sudah mencapai 8 kg, Alhamdulilah J

            Pada saat berita tentang Rahma muncul di jejaring sosial Twitter bulan Januari 2012, di account @jatinangorku, saya bersama admin Jatinangorku bekerja sama untuk melakukan gerakan #DonasiUtkRahma yang dijalankan melalui twitter. Alhamdulilah sampai saat ini sudah mencapai Rp 13.990.000,00. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman donatur yang terketuk hatinya untuk membantu meringankan biaya pengobatan Rahma. Semoga Allah Swt senantiasa membalas segala kebaikan teman-teman semua yang telah mendukung dan menyisihkan materinya untuk disumbangkan pada kegiatan #DonasiUtkRahma.

            Untuk membantu Rahma mencapai berat badan 10-11 kg, tentu saja membutuhkan gizi yang baik. Oleh karena itu, saya mengambil sebagian dana dari #DonasiUtkRahma sebesar Rp 3.000.000,00 untuk biaya perbaikan gizi Rahma. Pada tanggal 1 Maret 2012 lalu saya mengunjungi Rahma bersama teman saya Yogi. Saya hendak memberikan dana dari kegiatan #DonasiUtkRahma sebesar Rp 2.000.000,00 untuk dimanfaatkan sebagai dana perbaikan gizi Rahma agar segera mencapai berat badan standar untuk dilakukan operasi tahap kedua. Saat itu, berat Rahma sekitar 7,2 kg.

            Selang beberapa waktu, saya mendapatkan kabar dari teman-teman Fisip yang hendak mengadakan kegiatan sosial dengan tema Musik Untuk Rahma. Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan acara musik dan terdapat stand-stand makanan. Tidak lupa juga disediakan kotak donasi yang seluruh hasilnya akan diserahkan untuk biaya pengobatan Rahma. Saya mengucapkan banyak terima kasih pada teman-teman Fisip yang dengan sukses menyelenggakan acara Musik Untuk Rahma. J

            Tanggal 6 April 2012, saya dan teman saya Arsy kembali bertemu dengan Pak Yayan, untuk memberikan sebagian dana dari hasil kegiatan #DonasiUtkRahma. Sebeleumnya, Bapak Yayan menginformasikan pada saya bahwa ia kekurangan dana untuk membiayai perbaikan gizi Rahma. Oleh karena itu, saya menyampaikan amanah dari para donatur sebesar Rp 1.000.000,00 yang akan digunakan untuk membeli kebutuhan pangan Rahma. Terakhir, saya mendapatkan kabar bahwa berat badan Rahma sudah mencapai 8 kg. Alhamdulilah terima kasih teman-teman donatur atas segala bantuannya baik tenaga, doa maupun materi, sehingga kebutuhan gizi Rahma dapat terpenuhi.

            Apabila teman ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, silakan menghubungi saya melalui account twitter @adisasoedarso. Bagi teman-teman yang hendak membantu Rahma meringankan biaya pengobatannya dan mendonasikan sebagian rezekinya, dapat mentransfer ke rekening di bawah ini :

Mandiri RE Martadinata Bandung a.n. Adisa Ittaqa Putri 131-00-1036202-0

BNI Cabang Jatinangor ITB Bandung a.n. Adisa Ittaqa Putri 0164555977

Setelah teman-teman mentransfer dana pada rekening tersebut, dimohon untuk melakukan konfirmasi ke nomor saya Adisa 081910201441 yang kemudian akan saya catat sebagai data donasi yang nanti akan saya sampaikan ke pihak keluarga. Terima kasih banyak teman-teman.Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian berlipat ganda. Amin Ya Rabbal Alamin🙂

Leave a Reply

