DONASI UNTUK RAHMA #5

February 22 2013, 3:38 AM  by Adisa Soedarso

1 tahun #DonasiUtkRahma

 Bandung, 22 Februari 2013

Assalamualaikum, Wr. Wb.

            Halo teman-teman donatur, maaf saya baru sempat update lagi untuk #DonasiUtkRahma setelah sekian lama. Kali ini saya mau memberikan informasi terkait #DonasiUtkRahma sampai saat ini. Tepat satu tahun yang lalu, Januari 2012,  kegiatan ini mulai digerakkan dibantu dengan account @jatinangorku serta kawan @yudistyana dan @yogibanavinto. Saya ingin me-review sedikit tentang gerakan ini yang mungkin sebelumnya teman-teman sudah mengetahui kegiatan #DonasiUtkRahma.

#DonasiUtkRahma adalah satu kegiatan penggalangan dana dari teman-teman donatur di Jatinangor dan Bandung untuk meringankan biaya bagi operasi dan pengobatan adik kita Rahma Nur Aisyah (2 tahun). Rahma adalah putri dari Bapak Yayan Taryana dan Ibu Tati Sumiati yang sedang diuji kesabarannya oleh Allah Swt. Rahma merupakan warga dari Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Semenjak lahir, tubuhnya tidak seperti adik-adik kita lainnya. Sejak lahir ia tidak memiliki anus sehingga tidak dapat mengeluarkan feses melalui saluran pembuangan seperti kita. Rahma harus menahan sakit saat BAB karena pengeluarannya melalui saluran kencing. Oleh karena itulah, donasi ini digerakkan untuk mengumpulkan dana bagi biaya kesembuhan Rahma.

            Sejak digerakkan pada Januari 2012 hingga saat ini, Februari 2013 dana yang sudah terkumpul sejumlah Rp 15.200.000,00. Seluruhnya diperoleh melalui donasi yang informasinya disampaikan melalui twitter saya @adisasoedarso bekerja sama dengan account @jatinangorku, blog, maupun blackberrry messenger. Kegiatan #DonasiUtkRahma banyak mendapat perhatian dari teman-teman baik di twitter maupun di kontak BBM. Dana yang ada dikumpulkan melalui rekening saya baik di rekening BNI maupun Mandiri. Setelah menrasnfer bantuan dana, donatur diwajibkan untuk memberitahukannya kepada saya melalui pesan singkat dengan menyertakan nama pemberi santunan dan nominalnya untuk kemudian saya data secara keseluruhan. Dari data tersebut selanjutnya saya post di blog saya (adisasoedarso.posterous.com) sebagai bentuk transparansi data dari dana yang terkumpul.

            Informasi awal mengenai adik Rahma, saya dapatkan dari link berita ini à http://ow.ly/8M4jt yaitu dari Galamedia. Akan tetapi, sekarang artikel tersebut sudah tidak muncul di portal Galamedia karena sudah lama sekali artikel tersebut di-posting dan tertutup oleh artikel-artikel terbaru lainnya.

Dalam waktu yang cukup singkat, bantuan dana mengalir cukup deras. Tidak hanya dari kawan-kawan terdekat, tetapi banyak juga dari pihak luar yang tidak saya kenal sama sekali dan berbaik hati membantu gerakan ini. Informasi yang mereka dapat berasal dari hasil bantuan retweet teman-teman saya yang dibaca oleh donatur hingga tergerak hatinya untuk membantu. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk pengobatan dan operasi Rahma. Terima kasih banyak saya ucapkan sebelumnya kepada para donatur yang sudah turut menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk kegiatan ini. Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi Rahma dan keluarga.

            Rahma sudah menjalani dua kali operasi. Pertama pada bulan Januari 2012, operasi tahap pertama berlangsung di RS Boromeus. Saat itu, semua biaya operasi Rahma ditanggung oleh pihak Kodam. Alhamdulillah. Terima kasih Pak. Namun, bantuan tersebut hanya dialokasikan pada operasi saja. Untuk biaya obat, semuanya ditanggung oleh keluarga Bapak alm. Yayan Taryana. Oleh karena itu, hasil donasi dari kegiatan #DonasiUtkRahma sebagiannya saya alokasikan untuk biaya membeli obat dan perlengkapan yang menunjang kesehatan Rahma. Jadi, Rahma tetap dapat membeli obat dan makanan bergizi untuk perbaikan kesehatannya.

            Pada bulan Mei 2012, Rahma menjalani operasi tahap kedua yang dilaksanakan di RS Cimahi. Alhamdulillah operasi berjalan lancar. Akan tetapi, Rahma masih harus menjalani operasi tahap ketiga (terakhir) dengan syarat berat badannya harus mencapai 10-11 kg. Karena, berat badan Rahma sebelumnya hanya berkisar 8 kg, maka belum bisa dilaksanakan operasi tahap ketiga.

            Selama proses pemberian bantuan dari tangan saya ke pihak Rahma, saya menyiapkan tanda terina sebagai bukti pemberian dana dari donatur di mana saya sebagai perwakilan doantur kepada keluarga Rahma yang diwakili oleh alm. Pak Yayan Taryana.

            Total dana yang terkumpul seluruhnya adalah sebesar Rp 15.200.000,00 dengan rincian dana sebesar Rp 8.200.000,00 sudah diberikan secara resmi kepada alm. Bapak Yayan Taryana. Dengan begitu, dana yang masih tersimpan di rekening saya sejumlah Rp 7. 000.000,00. Rencananya biaya ini akan digunakan untuk pemulihan kesehatan Rahma pasca operasi tahap ketiga. Karena, berdasarkan penuturan alm. Bapak Yayan Taryana, ada sebuah perusahaan besar yang menanggung seluruh biaya operasi ketiga Rahma.

            Pada bulan November 2012 kemarin, keluarga Rahma dirundung duka. Bapak Yayan Taryana, ayah Rahma Nur Aisyah berpulang ke pangkuan Allah Swt. Almarhum mengidap penyakit jantung dan ada masalah dengan tekanan darahnya.  Sudah cukup lama ia mengidap jantung dan darah tinggi tapi selalu diabaikannya. Sampai akhirnya, ia kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beliau dimakamkan di dekat rumah di sekitar wilayah Cipacing Kecamatan Jatinangor-Sumedang. Kesehatan dilupakan almarhum untuk bekerja keras mencari nafkah demi penyembuhan putri tercintanya, Rahma Nur Aisyah.

            Pada tanggal 19 Oktober 2012 saya melayat ke rumah duka dan bertemu dengan Ibu Tati. Ibunda Rahma mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang selama ini sudah banyak membantu meringankan beban mereka dengan membeli obat dan makanan bergizi bagi Rahma dan meminta maaf apabila ada kesalahan-kesalahan dari Bapak Yayan yang mungkin tidak berkenan di hati donatur baik yang disengaja maupun tidak. Kita doakan sama-sama semoga Bapak Yayan Taryana diterima amal baiknya dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan.

            Pada tanggal 3 Februari 2013, saya bersama @cerminperot mengunjungi Rahma. Alhamdulillah Rahma sudah beranjak besar dan sudah mulai atraktif mengenal lingkungan sekitarnya. Hanya saja, tubuhnya masih saja tampak kurus. Di saat yang sama, sayapun memberikan bantuan dari dana hasil gerakan #DonasiUtkRahma sebesar Rp 600.000,00 untuk biaya perbaikan gizi dan kesahatan Rahma. Insya Allah akan sangat bermanfaat. Menurut apa yang disampaikan Ibu Tati, antara bulan Maret/ April/ Mei, Rahma akan menjalani operasi yang terakhir. Mari kita doakan semoga berat badan Rahma mencapai 10-11 kg dalam 3 bulan ke depan, sehingga dapat menjalani operasi tahap terakhir dan pelaksanaan operasi berjalan dengan lancar.

            Informasi lebih lanjut tentang kegiatan #DonasiUtkRahma akan terus saya sampaikan melalui twitter dan blog. Bilamana diantara teman-teman yang memiliki pertanyaan terkait kegiatan ini bisa mention saya melalui twitter @adisasoedarso. Informasi mengenai #DonasiUtkRahma sebelumnya bisa didapat diblog saya ini pada link . Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi teman-teman donatur.

Tunggu kabar selanjutnya yah teman-teman donatur. Insya Allah akan saya terus kabarkan informasi terkini mengenai #DonasiUtkRahma. Terima kasih banyak atas perhatian teman-teman semua. Doakan Rahma cepat pulih dan tersenyum lagi yah. Amiiinnnn 

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s