Langkah Hijau oleh Semi Finalists Hilo Green Ambassador Bandung 2012 di CFD Dago

ImageImageImageImageImageMay 17 2012

Car Free Day Dago menjadi tempat beraktivitas sebagian besar masyarakat Bandung ketika hari Minggu tiba. Inilah waktu yang tepat untuk melepaskan kepenatan dari segala rutinitas yang dapat mengembalikan kesegaran pikiran. Minggu (13/5), teman-teman dari Semi Finalist Hilo Green Ambassador Bandung 2012 serta dua Semi Finalist Jakarta mendapatkan kesempatan mengimplementasikan green knowledge mereka untuk mempersuasi masyarakat Bandung agar sama-sama menjaga lingkungan mulai dari hal-hal kecil yang kelak berdampak masif dan positif bagi sekitar. Berlokasi di depan FO Glow tepat pukul 08.00, beberapa Semi Finalist diantaranya siap bahu membahu, memilah dan memilih sampah untuk dikelompokkan serta dimasukkan ke dalam masing-masing karung yang dipisahkan berdasarkan jenis sampah, yaitu organik dan anorganik.  

Kami memilih CFD Dago karena terletak di jantung kota Bandung. Seperti yang kita ketahui masyarakat Bandung dan sekitarnya selalu datang ke tempat ini di hari Minggu untuk sekedar menikmati kota tanpa ada kehadiran kendaraan yang lalu lalang. Kami sudah memprediksi bahwa di CFD Dago akan banyak menghasilkan sampah. Oleh karena itu, kami memilih CFD Dago menjadi target sasaran untuk melakukan aksi hijau sebagai bentuk kepedulian lingkungan kami.

Ide yang kami terapkan adalah pemilahan sampah yang dihasilkan oleh pengunjung CFD Dago. Masing-masing diantara pasukan hijau (baca : Semi Finalist Hilo Green Ambassador Bandung 2012)  membawa karung untuk mengumpulkan sampah. Pasukan kami berpencar dari titik lokasi berkumpul.  Sembari membawa karung untuk mengambil sampah yang berserakan, kami memberikan sedikit persuasi kepada para pengunjung bagaimana cara membedakan sampah yang masih bisa dimanfaatkan maupun yang sudah tidak bisa digunakan karena akan memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Dengan semangat hijau, teman-teman Semi Finalist Hilo Green Ambassador  Bandung mengajak pengunjung CFD untuk sama-sama menciptakan lingkungan yang baik dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat mengingat mereka sedang beraktivitas di lokasi yang ditetapkan satu hari dalam seminggu untuk bebas emisi kendaraan.

Hal lain yang tidak terduga ialah kami bertemu dengan bapak penjual karpet ramah lingkungan yaitu Bapak Budi yang memanfaatkan bungkus makanan bekas untuk dijadikan karpet kemudian. Ide brilian ini ia dapatkan ketika terjadi banjir di Sungai Citarum. Ia berinisiatif untuk mengurangi sampah yang ada dengan membuat karpet dari bungkus makanan, minuman, serta deterjen yang mengambang di sungai. Sembilan bulan sudah ia menekuni usaha ini. Diantara produknya ialah karpet dan sajadah. Harganya cukup terjangkau. Betapa beruntungnya kami dapat bertemu Bapak Budi sebagai inspirator yang menjadikan sampah di banjir Sungai Citarum menjadi barang ekonomis yang bernilai jual tinggi. Sepertinya mudah sekali menerapkan konsep reduce, reuse, recycle ya?   

Pasukan hijau mengumpulkan cukup banyak sampah. Mayoritas sampah yang kami dapat adalah botol minuman, bungkus plastik, bungkus rokok, serta bungkus makanan. Kegiatan ini berlangsung selama dua jam.  Selama itu, kami masih melihat pengunjung CFD kurang memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena, mereka berpikiran bahwa setelah kegiatan ini selesai, akan ada petugas sampah yang akan memungutnya. Padahal jika patuh untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, turut membantu petugas sampah yang akan bekerja ekstra keras membersihkan kawasan CFD.

Kami berharap dengan gerakan yang kami lakukan dapat meningkatkan awareness pada masyarakat agar mereka secara konsisten mau menjaga kebersihan lingkungan terutama CFD, lokasi di mana mereka bebas menikmati keindahan kota tanpa ada asap kendaraan bermotor. Inilah kesempatan dan wujud tanggung jawab kami sebagai Semi Finalist Hilo Green Ambassador Bandung 2012 untuk berbagi wawasan hijau dan saling bekerja sama menciptakan lingkungan Bandung yang bersih dan nyaman.ImageImageImageImage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s