LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN DONASI UNTUK KAKEK DAN NENEK OMO

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua. Perkenalkan saya Adisa, warga Pratista Antapani, Bandung. Beberapa waktu yang lalu, saya berkunjung ke rumah tetangga saya, Kakek dan Nenek Omo. Tidak terlalu jauh, tetapi juga tidak terlalu dekat. Rumahnya di pinggir sungai Pratista, dekat jembatan. Awalnya saya mengetahui keluaraga Kakek dan Nenek Omo dari ibu saya. Beliau menceritakan bahwa ada tetangga kita yang butuh bantuan. Ibu saya mengenal Kakek dan Nenek Omo dari pembicaraan ibu penjual sayur dengan pembeli saat membeli sayuran tidak jauh dari rumah saya. Sebelumnya, beliau belum mengenal Kakek dan Nenek Omo dan hanya mengetahui bahwa pekerjaan Kakek Omo adalah seorang tukang kebun di Antapani.

Berdasarkan penuturan pembeli tersebut bahwa Kakek Omo sudah tidak bekerja. Beliau mengalami rematik dan sudah sakit-sakitan. Atas informasi tersebut, ibu saya langsung mendatangi kediaman kakek setelah diberitahu lokasi rumahnya. Sampai di sana, beliau terkejut dengan keadaan kakek dan nenek. Nenek sudah tidak bisa melihat, kakek hanya bisa tidur, bangun pun sulit, apalagi berdiri. Kemudian dengan uang sisa belanja, ibu saya belikan nasi dan sedikit sembako. Karena, ternyata sudah beberapa hari nenek dan kakek belum makan nasi.

Sesampainya di rumah, ibu saya menceritakan apa yang baru saja ia rasa saat bertemu dengan Kakek dan Nenek Omo kepada saya dan ayah. Betapa sedihnya kami. Di komplek yang ditinggali oleh keluarga-keluarga mapan, masih ada tetangga kita yang untuk makan saja kesulitan. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Oleh sebab itu, selang beberapa hari saya mengunjungi Kakek dan Nenek Omo untuk melihat kondisinya. Sungguh menyedihkan, sudah 3 hari mereka belum makan nasi. Keadaannya sangat memprihatinkan. Rumahnya terbuat dari triplek, hanya berukuran 4×6 meter. Kakek tidur di teras luar karena tidak sanggup untuk pindah ke ruang tengah. Nenek sama sekali tidak mampu melihat karena katarak.

Kakek dan Nenek hanya hidup berdua. Mereka memiliki satu orang anak perempuan yang tinggal terpisah dan rumahnya tidak jauh dari rumah mereka. Usia nenek 63 tahun dan kakek 72 tahun. Sudah cukup lama kakek menderita rematik, sakit pinggang, maag dan pegal-pegal. Nenek juga pernah jatuh ke sungai saat akan mandi dan terbentur, sehingga kepalanya sering pusing. Setiap hari ada saja obat yang masuk ke dalam tubuh mereka. Kadang kala tidak diimbangi dengan asupan gizi yang baik. Karena, keterbatasan dana yang mereka miliki sehingga mereka tidak bisa makan sehari 3 kali. Itupun terkadang dapat bantuan dari tetangga yang dermawan. Kalau tidak ada, mereka sama sekali tidak makan. Hanya minum air saja.

Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk membantu mereka dengan menggalang dana dari teman-teman saya. Dana tersebut saya gunakan untuk membeli sembako, obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Berikut saya berikan laporan pertanggungjawaban hasil penggalangan dana dari kawan-kawan di lingkungan saya.

 

PEMASUKAN

No.

Donatur

Jumlah Bantuan

1.

Ibu R***

300.000

2.

R***

100.000

3.

Den***

250.000 *

4.

Dev***

200.000

5.

Ri**

50.000

6.

Han**

100.000

TOTAL

 

Rp 1.000.000

 

*Nb : Saudari Den*** memberikan bantuan sebesar Rp 500.000, alokasi untuk Kakek dan

          Nenek Omo Rp 250.000, Rp 150.000 untuk komunitas Sedekah Syndicate, dan Rp

          100.000 untuk #DonasiUtkRahma

 

PENGELUARAN

Belanja kebutuhan sembako untuk Kakek dan Nenek Omo dilakukan di Alfamart dan Indomart di Antapani

No.

Tanggal

Lokasi

Total

1.

3 Oktober 2013

Indomart Pratista Antapani

14.900

2.

3 Oktober 2013

Alfamart Pratista Antapani

217.500

3.

3 Oktober 2013

Alfamart Pratista Antapani

163.410

4.

3 Oktober 2013

Alfamart Pratista Antapani

168.700

5.

11 Oktober 2013

Alfamart Pratista Antapani

180.700

TOTAL

 

 

745.210

 

Jadi, sisa uang yang masih ada dan diberikan secara tunai kepada Kakek dan Nenek Omo :

Rp 1.000.000,00 – Rp 745.210,00 = Rp 254.790,00

Terima kasih banyak seluruh donatur atas bantuannya, alhamdulillah dana ini semua sudah disalurkan dalam bentuk barang dan uang. In Shaa Allah bermanfaat untuk Kakek dan Nenek Omo. Semoga amal ibadah donatur dibalas berkali lipat oleh Allah Swt. Amin J

 

“Cek tetanggamu! Barangkali ada yang belum makan seminggu. Bantulah semampumu.  Semoga bahagia menggenggammu dan menyertai selalu.”
-AdisaSoedarso-

2 thoughts on “LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN DONASI UNTUK KAKEK DAN NENEK OMO

Leave a Reply

