Dari BUP untuk Warung Imajinasi

“Our Passion isn’t collecting the booksbut distributing knowledge”

Sebuah tagline yang sudah mengakar di benak seluruh relawan BUP. Untuk mengimplementasikan kata-kata tersebut, BUP berupaya mendistribusikan buku-buku tidak hanya ke rumah baca di Papua melainkan juga pada komunitas-komunitas di daerah lain yang membutuhkan buku. Beberapa waktu yang lalu, salah satu relawan BUP, menginformasikan bahwa ada sebuah komunitas sedang merintis rumah baca di wilayah Priyangan. Menindaklanjuti informasi yang telah diterima, BUP Bandung bergegas mengumpulkan buku untuk melengkapi kebutuhan tersebut. 

Warung Imajinasi adalah sebuah komunitas baca dan diskusi di Bandung. Saat ini sedang membangun rumah baca di Baleendah, Bandung. Sebelumnya sudah didirikan di Tasikmalaya, Majalaya, Cililin, Soreang dan Sumedang. Kini mencoba merambah ke daerah lain. Berdasarkan fakta yang ada, banyak anak-anak tidak dapat mengakses buku bacaan. 

Dalam upaya meningkatkan budaya literasi di desa-desa khususnya daerah Jawa Barat, Warung Imajinasi sedang menggalang donasi melalui media sosial bagi siapapun yang memiliki perhatian pada isu ini untuk mengisi kekosongan buku. Oleh karena itu, dengan visi dan misi yang tidak jauh berbeda, BUP Bandung berpartisipasi menyumbangkan buku kepada Warung Imajinasi. Semua buku yang ada di Buku Untuk Papua juga merupakan  hasil donasi dari masyarakat. 

Pada hari Kamis, 27 Februari 2014, Alfred, Adisa dan Riska mendatangi Warung Imajinasi di Jalan Dr. Curie No. 1 dengan membawa satu kardus yang berisi berbagai jenis buku, diantaranya majalah, novel, buku pelajaran sekolah, buku pengetahuan umum, dan buku cerita anak. Buku diambil dari sekretariat UKIR (Unit Kesenian Irian) di ITB. Seluruh buku diserahkan kepada Denta sebagai perwakilan Warung Imajinasi. “Terima kasih banyak Buku Untuk Papua atas bantuannya”, ucap Denta. 

Semoga bantuan dari Buku Untuk Papua yang diberikan kepada Warung Imajinasi dapat menyempurnakan kekurangan di rumah baca yang dirintis. “Alangkah baiknya sesama komunitas saling membantu. Kami berharap buku-buku akan memberikan banyak perubahan kepada anak-anak dan meningkatkan pendidikan mereka”, tutur Alfred. 

Foto dan tulisan : Adisa Soedarso

 

Gambar

Buku untuk Warung Imajinasi

 

 

Gambar

Kardus berisi buku-buku

 

Gambar

Penyerahan buku dari Alfred (BUP Bandung) kepada Denta (Warung Imajinasi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s