BUKU UNTUK PAPUA MAMPIR DI KRAKATAU

Berbagi Nasi adalah sebuah komunitas yang membagikan nasi untuk orang-orang kurang mampu dan sangat membutuhkan. Mereka bergerak pada malam hari untuk membagi nasi di sudut-sudut kota. Komunitas ini sudah memiliki pergerakannya hampir di seluruh wilayah Indonesia. Mereka punya tujuan bahwa apa yang mereka beri tidaklah besar tapi bermanfaat untuk orang lain dan itu berwujud sebungkus nasi.

Bukan Bandung namanya kalau tidak melahirkan kreativitas. Terbentuk di Kota Kembang dengan relawan dari berbagai usia, jenis kelamin dan profesi. Di Bandung sendiri, Berbagi Nasi bergerak setiap Kamis malam dan Sabtu malam. Berkumpul di Bank Danamon Jalan Merdeka pada pukul 21.00. Nasi yang terkumpul berasal dari para donatur dengan jumlah yang cukup banyak.

Mereka bertemu dengan orang-orang yang tidur di emperan toko atau gerobak sebagai rumah untuk beristirahat. Banyak kisah yang bisa ditemukan saat relawan membagikan nasi. Ternyata, di Kota Bandung dengan kesibukan aktivitas di siang hari yang hiruk-pikuk, ada segelintir orang berjuang untuk hidup dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Betapa sangat ironis kehidupan mereka. Banyak diantaranya yang seharian belum makan bahkan pernah salah satu relawan menemukan bapak yang sedang sakit sekarat. Dengan kemampuan terbatas, para relawan bahu-membahu membantu bapak tersebut berobat.

Berbagi Nasi juga punya program di siang hari. Setiap Hari Rabu di basement Gd. Kemuning Rumah Sakit Hasan Sadikin, mereka berbagi nasi dengan para pasien yang tinggal bersama-sama dalam satu ruangan karena keterbatasan tempat di rumah sakit dan ketiadaan biaya pasien untuk menyewa tempat. Raut wajah mereka sumringah saat mengetahui mereka mendapat sebungkus nasi untuk mengisi perutnya yang lapar.

Pada tanggal 26-28 Mei 2014, Berbagi Nasi memiliki acara Berbagi Liburan. Secara spesifiknya adalah Berbagi Buku Cerita. Komunitas ini mengajak orang-orang untuk berlibur bersama tapi tidak mengenyampingkan sisi sosial. Mereka akan berbagi dengan anak-anak di Pulau Sibesi Krakatau. Komunitas yang digawangi oleh Danang ini akan membagikan buku-buku bagi anak-anak di sana. Tentu saja mereka membutuhkan sokongan berbagai pihak agar kegiatan berjalan lancar.

Buku Untuk Papua Bandung mendapat sinyal bahwa Berbagi Nasi membutuhkan bantuan buku. BUP Bandung tidak melepaskan kesempatan ini untuk membantu melengkapi buku bacaan di Pulau Sibesi. Mengingat jumlah buku yang dimiliki cukup banyak, oleh karena itu, sudah menjadi barang wajib BUP untuk berkolaborasi agar visi dan misi BUP berlangsung dengan baik.

Satu dus buku disiapkan tim BUP untuk diberikan kepada Berbagi Nasi. Diharapkan bahwa buku-buku tersebut bermanfaat untuk anak-anak di sana. Meskipun jumlah buku tidak begitu banyak yang sampai di sana, tetapi mudah-mudahan menjadi pemicu agar bisa bangkit dari keterbatasan fasilitas.

Tepat tanggal 31 Mei 2014, tim BUP Bandung mendapatkan kabar bahwa buku-buku diterima oleh masyarakat Pulau Sibesi. Anak-anak di sana senang sekali kedatangan buku-buku yang bisa menjadi bahan bacaan mereka. Kini, mereka punya harapan baru dan semangat menggebu dalam mencapai impian mereka. Salah satunya adalah dengan buku sebagai jendela dunia.

Terima kasih Berbagi Nasi. Salam kolaborasi. 🙂

Adisa Soedarso (@adisasoedarso)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s