Kelas Lingkungan oleh Duo Pegiat Sosial Pemenang Klik Hati 2014

“Alam cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, tapi tidak untuk kerakusan segelintir orang” –Gandhi
Pernyataan di atas sangat tepat untuk menggambarkan fenomena alam saat ini. Betapa banyak berita yang tersebar di media massa mengenai perambahan hutan, penjarahan hutan tanpa izin, alih fungsi hutan, banjir, polusi, sampah yang menyumbat selokan dan masalah-masalah lingkungan lainnya. Beberapa diantara kita pasti menyadari bahwa bencana ekologis sudah datang. Tanda-tanda tersebut dapat diamati dari anomali cuaca yang sering kita rasa. Betapa sinar matahari yang terik di siang hari dan tiba-tiba hujan di sore hari adalah salah satu isyarat bahwa alam mulai menampakkan keperkasaannya.
Sebagai sebuah gerakan nasional, Diet Kantong Plastik memiliki tanggung jawab besar untuk menyebarkan informasi mengenai penting untuk menggunakan kantong plastik dengan bijaksana. Sejak berdiri pada tahun 2013, gerakan ini gencar mengampanyekan penolakan terhadap kantong plastik. Betapa tidak, beberapa kasus hewan-hewan mati karena tertelan sampah kantong plastik. Sebut saja Kebun Binatang Surabaya yang menjadi lokasi ditemukannya jerapah yang mati karena memakan kantong plastik.
Dua pemenang aksi sosial terbaik Klik Hati 2014, Buku Untuk Papua (Bandung) dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GDIKP) mengadakan kolaborasi bersama untuk mengadakan Kelas Cerdas yang bertemakan lingkungan. “Plastic Bags Kill” adalah judul yang diangkat. Sabtu, 29 November 2014, bertempat di Common Room, Jalan Muararajeun No. 15 Bandung, Kelas Cerdas sukses diselenggarakan. Siang yang sedikit mendung tidak menyurutkan semangat peserta Kelas Cerdas untuk menyerap ilmu yang disampaikan oleh Adisa Soedarso selaku Koordinator Wilayah Kota Bandung GIDKP. Beberapa relawan GIDKP tampak hadir untuk memberikan uraian terkait kegiatan kampanye yang sudah mereka lakukan di Kota Bandung dan Jakarta.
Seperti biasa, acara dibuka oleh presentasi mengenai Buku Untuk Papua Bandung oleh Koko Friansa, ketua Kelas Cerdas BUP Bandung. Selanjutnya, Adisa memperkenalkan GIDKP kepada para peserta. “GIDKP memiliki beberapa program kampanye, salah satunya #wisataplastik yang mengunjungi Sungai Citarum untuk melihat kondisi di sana”, papar Adisa.
Dalam kegiatan itu, dijelaskan juga mengenai cara-cara mengurangi penggunaan kantong plastik. Yaitu, dengan menggunakan tas berkali pakai dan membuat daur ulang tas dari kaos tak terpakai. Untuk Kota Bandung tergolong wilayah yang sudah memahami pentingnya mengurangi kantong plastik. Hal itu terlihat dari sudah dibuatnya Peraturan Daerah Kota Bandung No. 17 Tahun 2012 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Jakarta juga tidak ketinggalan sudah mengimbau masyarakat dengan Surat Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 untuk diet kantong plastik.
Adisa juga memutar video terkait sampah plastik yang ada di Pasifik Utara. “Banyak burung Albatros mati karena makan plastik meskipun habitatnya jauh dari jangkauan manusia”, ujarnya. Selain itu, tidak hanya aktivis yang mengampanyekan isu lingkungan. Pharrell Williams, seorang penyanyi berbakat juga turut membantu menyebarkan isu ini dengan cara yang kreatif. Ia membangun sebuah fashion yang membuat pakaian dari sampah plastik yang ada di lautan.
Hal menarik lainnya dalam acara ini, peserta diajak untuk membuat tas berkali pakai dari kaos tak digunakan lagi. “Ternyata mudah ya membuat tas daur ulang”, ucap Irma, peserta Kelas Cerdas. Dengan diadakannya kelas lingkungan ini diharapkan dapat memicu masyarakat Kota Bandung untuk mengurangi konsumsi kantong plastik yang berlebihan. Karena, bahayanya tidak kita rasakan saat ini, tetapi akan berdampak buruk bagi generasi mendatang. (Adisa Soedarso)
102_4038

102_4026

102_4036

102_4046

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s