Sunday Dress Up dan Diet Kantong Plastik

Pada tahun 2014, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) telah banyak melakukan aktivitas kampanye, advokasi dan edukasi kepada masyarakat. Baik yang dilakukan sendiri maupun yang diselenggarakan secara kolaborasi. Tahun 2014 lalu, GIDKP melakukan kerja sama kampanye dengan Indonesia Fashion Week. Kerja sama tersebut dilanjutkan untuk tahun 2015 dan sudah dimulai pada awal Bulan Februari ini.

Selain dengan Indonesia Fashion Week, GIDKP juga bekerja sama dengan ASEAN Reusable Bag Campaign (ASEAN RBC) yang mengangkat kampanye yang sama yaitu mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan tas pakai ulang yang lebih aman. Kami melakukan kampanye pada acara Sunday Dress Up Indonesia Fashion Week 2015 yang dimulai pada Bulan Februari ini.

Kegiatan kampanye ASEAN Reusable Bag Campaign diikuti oleh rekan-rekan dari Sobat Bumi Indonesia dan Hilo Green Community. Sebagai gerakan lingkungan, kami mendukung Indonesia Fashion Week 2015, ASEAN Reusable Bag Campaign dan hadir dalam kegiatan Sunday Dress Up sebagai bagian dari partisan yang nantinya akan melakukan kampanye dan talk show #DietKantongPlastik.

Minggu (1/2), beberapa aktivis dari GIDKP, ASEAN RBC, Sobat Bumi Indonesia dan Hilo Green Community sudah rapi mengenakan pakaian batik untuk mengikuti long march promosi Indonesia Fashion Week yang dibarengi dengan aksi rampok plastik kepada para pengunjung yang membawa kantong plastik. Sayangnya, cuaca saat itu tidak mendukung. Hujan rintik-rintik sudah turun sejak malam sebelumnya. Namun, semangat kami tidak gentar. Kami tetap melanjutkan kegiatan rampok plastik dimulai dari tempat berkumpul yaitu Gedung Sapta Pesona menuju bundaran Hotel Indonesia.

Kelompok rampok plastik dibagi menjadi beberapa bagian yang terdiri dari 2 orang. Masing-masing membawa reusable bag yang akan ditukar dengan kantong plastik. Beberapa dari kami sudah menjalankan misi dengan baik. Namun, ternyata cuaca benar-benar tidak mendukung. Hujan turun dengan sangat deras. Kamipun berteduh di halte depan Sarinah. Akhirnya, kami putuskan untuk berhenti melakukan rampok plastik karena tidak memungkinkan untuk melakukan aksi ini saat hujan. Kegiatan ini berlangsung kurang sukses. Kami hanya mampu menukar 7 reusable bag dan mendapat 7 lembar kantong plastik. Dan ternyata, saat hujan penggunaan kantong plastik justru meningkat karena masyarakat menggunakannya untuk kepala dan telepon genggam mereka untuk menghindari air hujan.

Rampok plastik akan terus digalakkan setiap bulan oleh kami (GIDKP, ASEAN RBC, Sobat Bumi Indonesia dan Hilo Green Community) untuk mendorong masyarakat agar mulai mengurangi penggunaan kantong plastik yang berlebihan dan dapat mencemari lingkungan. Kegiatan ini menjadi acara rutin dengan harapan akan memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kantong plastik dimasyarakat. (Adisa Soedarso)

IMG_20150201_135130_edit IMG-20150201-WA002_edit Design IFW copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s